E-Sports Indonesia dan gaming menjadi di antara topik hangat yang dirundingkan oleh masyarakat di tahun 2018. Mengambil data penelitian dari Statista, penghasilan di sektor eSports sudah berkembang sampai mencapai empat kali lipat dikomparasikan sejak tahun 2012.
Hingga tahun 2017 penghasilan di sektor eSports dapat mencapai 493 juta Dollar AS. Lebih jauh lagi, penelitian tersebut memperkirakan kancah persaingan video gim di tingkat profesional akan dapat menarik revenue sampai 1,6 milliar Dollar AS.
Dimasukkannya cabang eSports ke dalam ajang olahraga multi-cabang tingkat internasional menjadi pemantik utama; dibuka dari turnamen eksibisi eSports di Asian Games 2018 di Jakarta, bulan Agustus lalu, sampai diumumkannya eSports sebagai cabang olahraga resmi guna dipertandingkan di SEA Games 2019 serta Asian Games 2022.
Secara keseluruhan, Asia Pasifik menjadi area terdepan dalam memanfaatkan ceruk penghasilan dari sektor video gim dan eSports. Hingga tahun 2017, benua Asia terhitung menyumbang selama sepertiga dari total penghasilan di sektor eSports secara global di angka 406 juta Dollar AS, mengungguli kawasan-kawasan lainnya.
Banyak yang masyarakat tidak ketahui, pergelaran eSports di kancah dunia telah sangat dinyatakan dan gencar perkembangannya. Sebagai pembanding dengan gelaran olahraga lainnya, bilamana dilihat dari besarnya total hadiah yang diberikan, pergelaran The International, turnamen Dota 2 terbesar di dunia, dapat menawarkan total hadiah menjangkau 25 juta Dollar AS di tahun 2018 – jauh melebihi total hadiah yang ditawarkan turnamen olahraga lainnya, laksana NBA Championship (13 juta Dollar AS) atau FIFA Confederations Cup (20 juta Dollar AS).
Di sisi lain, platform live streaming menjadi hal penting dari pertumbuhan turnamen video gim menjadi olahraga massal. Nimo TV, sebagai di antara platform terdepan penyedia layanan live streaming eksklusif gaming dan eSports aktif menyerahkan dan meluangkan variasi konten gaming dan eSport yang digemari oleh masyarakat, yakni dengan menyerahkan akses khusus menyaksikan sekian banyak turnamen gaming dan eSports berkelas dunia.
Kevin Raharja, Head of Marketing Nimo TV Indonesia, menuliskan “Kami menyaksikan minat pemirsa Nimo TV untuk menonton live streaming turnamen setingkat Asia Tenggara dan nasional memperlihatkan betapa pesatnya perkembangan industri eSports di Indonesia.